Lompat ke konten
Beranda » Bahasa Indonesia » Konjungsi Penerang

Konjungsi Penerang

Dikutip dari buku Kiat Mudah Menulis Resensi (2020) karya Elisa Permata Sari dkk, contoh konjungsi penerang adalah bahwa, yakni, yaitu, adalah, dan ialah. Berikut 10 contoh kalimat konjungsi penerang: Andre mengatakan bahwa ia harus pergi sekarang karena ada acara keluarga.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan konjungsi penerang?

Konjungsi penerang merupakan penghubung yang digunakan untuk menjelaskan atau menerangkan suatu kejadian dalam sebuah kalimat.

Apa yang dimaksud konjungsi penerang berikan contoh kata dalam sebuah kalimat?

Konjungsi penerang berfungsi untuk menjelaskan atau menerangkan suatu kejadian di dalam kalimat. Untuk lebih memahami tentang penggunaan konjungsi penerang, berikut adalah beberapa contoh kalimat konjungsi penerang: Nita mempunyai seorang adik yang sangat cantik yakni Malika.

Apa yang dimaksud dengan penerang?

[penerang] Arti penerang di KBBI adalah: sesuatu yang memberikan terang (sinar); yang menerangi. Contoh: hanya lampu kecil inilah satu-satunya.

BACA JUGA  Contoh Laporan Keuangan

Apa ciri kalimat yang menggunakan konjungsi penerang?

Konjungsi penerang biasanya digunakan pada kalimat langsung yang diubah menjadi kalimat tidak langsung. Konjungsi penerang biasanya menggunakan kata-kata bahwa, yakni, yaitu. Maka kalimat yang menggunakan konjungsi penerang, yaitu Beni berkata kepada Jihan bahwa Ayu kecelakaan di depan swalayan samping rumahnya.

Apa saja contoh dari kalimat konjungsi?

  • Ayah membaca koran dan Ibu memasak di dapur.
  • Deni dan Andri sedang mengerjakan desain baju.
  • Agus tidak mengerjakan tugas, melainkan ia sedang menonton TV.
  • Pekerjaan Ayah lebih baik dari pekerjaan paman.

Apa itu konjungsi Penyebab dan penerang?

Konjungsi penerang : Konjungsi penerang merupakan konjungsi yang berguna untuk menerangkan atau menjelaskan suatu hal. Konjungsi ini ditandai dengan kata yaitu dan bahwa. Konjungsi penyebab: Konjungsi penyebab merupakan konjungsi yang mengandung sebab akibat. Konjungsi ini ditandai dengan kata karena atau sebab.

Manakah di bawah ini yang termasuk konjungsi penerang?

Konjungsi penerang ini seperti, bahwa, yakni, dan yaitu.

Apa yang dimaksud dengan konjungsi penerang dan temporal?

Konjungsi temporal merupakan kata hubung yang menyatakan urutan waktu. Beberapa contoh konjungsi ini antara lain selanjutnya, kemudian, lalu. Konjungsi penerang merupakan kata hubung yang bertujuan untuk menerangkan atau menjelaskan suatu hal dalam kalimat.

Apa nama lain dari penerang?

Menurut Tesaurus Bahasa Indonesia, sinonim kata penerang adalah pemancar, pencahaya, penyinar, penjelas, pengurai.

Apa saja contoh kata konjungsi temporal?

b.

Contoh konjungsi temporalnya yakni kata apabila, bila, bilamana, demi, hingga, ketika, sambil, sampai, sedari, setelah, sebelum, sejak, selama, semenjak, sementara, seraya, setelah, sesudah, tatkala, waktu, dan sebagainya.

Apa contoh kalimat konjungsi temporal?

Berikut ini adalah contoh kalimat konjungsi temporal: Ibu akan memberi hadiah mainan apabila adik dapat ranking 1. Dita rajin belajar demi bisa masuk universitas impiannya di Jakarta. Adik menangis seraya memohon dibelikan sepeda pada Ibu.

BACA JUGA  Cerita Fantasi

Contoh kalimat perintah apa saja?

  • Ayo, masuk!
  • Lari!
  • Beristirahatlah!
  • Datanglah ke rumah!
  • Saya mohon, datang besok!
  • Jangan merokok di dalam ruangan!
  • Silakan cicip!
  • Tolong perlihatkan surat-suratnya!

Apa saja contoh konjungsi korelatif?

  • Antara.
  • Dan.
  • Baik.
  • Maupun.
  • Entah.
  • Jangankan.
  • Pun.
  • Tidak hanya itu.

Apa yang kamu ketahui tentang konjungsi sertakan contohnya?

Konjungsi koordinatif merupakan kata hubung menghubungkan dua atau lebih unsur satuan bahasa, baik kata maupun klausa yang berkedudukan setara. Contoh kata hubung ini antara lain: dan, serta, atau, tetapi, melainkan, padahal, sedangkan.

Misalnya termasuk konjungsi apa?

Konjungsi Penegas

Konjungsi penegas adalah konjungsi yang berfungsi untuk menegaskan atau meringkas suatu kalimat yang sebelumnya telah disebutkan sebelumnya. Contoh katanya adalah bahkan, yaitu, umpama, apalagi, misalnya, dst.

Kata konjungsi ada berapa?

Secara umum, macam-macam konjungsi yang biasa dikenal ialah konjungsi koordinatif, konjungsi korelatif, konjungsi subordinatif, konjungsi temporal, dan konjungsi antarkalimat.

Apakah bahwa termasuk konjungsi penerangan?

Konjungsi penerang dalam kalimat tersebut adalah yaitu . Konjungsi yaitu berfungsi untuk menerangkan kelebihan novel. Dengan demikian, tiga contoh konjungsi penerangan yaitu bahwa, yakni, dan yaitu.

Apa yang dimaksud dengan konjungsi penerangan dalam kebahasaan Resensi?

Konjungsi penerang adalah kata penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat yang berfungsi sebagai penerang kata yang diikutinya.

Pada akhirnya termasuk konjungsi apa?

Kata kemudian, sejak, setelah, awalnya, akhirnya merupakan jenis konjungsi temporal. Hal tersebut karena konjungsi temporal adalah kata penghubung yang menandai keterangan waktu.

Apa yang dimaksud dengan konjungsi temporal dan berikan contohnya?

Konjungsi temporal yang menghubungkan dua bagian kalimat yang sederajat. Konjungsi sebelumnya dan sesudahnya akan dihubungkan dengan dua derajat. Konjungsi ini tidak dapat diletakkan pada awal maupun akhir kalimat. Contoh konjungsi sederajat adalah lalu, kemudian, sebelum, setelah, sesudah, dan selanjutnya.

BACA JUGA  Contoh Teks Laporan Hasil Observasi