Lompat ke konten
Beranda » Fisika » Energi Kinetik

Energi Kinetik

Apa yang dimaksud dengan energi kinetik dan rumusnya?

Dalam fisika, energi kinetik disimbolkan “Ek”, sedangkan masa yaitu “m” dan “v” adalah kecepatan. Untuk mencari besarannya, energi kinetik bisa dirumuskan seperti di bawah ini: Ek = 1/2 m.v2 atau energi kinetik sama dengan satu per dua massa dikali kecepatan.

Apa yang dimaksud dengan energi kinetik dengan contohnya?

Energi kinetik adalah energi yang dipunyai benda karena geraknya. Semakin tinggi kecepatan benda bergerak, maka semakin besar pula energi yang dimilikinya. Misalnya, ada sebuah batu yang dijatuhkan dari atas meja ke arah gelas di bawahnya.

BACA JUGA  Rumus Molaritas dan Molalitas & Contoh Soal

Rumus energi kinetik apa saja?

  • Em = Ep + Ek. Keterangan: Em: Energi mekanik (joule) Ep : energi potensial (joule)
  • Jawab: Benda jatuh dan tidak diketahui kecepatannya, maka energi kinetik (Ek) diasumsikan bernilai nol (Ek = 0) Em = Ep + Ek. Em = Ep + 0.
  • Jawab. Em1 = Em2. Ep1 + Ek1 = Ep2 + Ek2.

Apa yang dimaksud dengan energi kinetik adalah?

Kata kinetik berasal dari bahasa Yunani yaitu kinetikos yang artinya bergerak. Maka dari itu, semua benda yang bergerak, sudah pasti memiliki energi kinetik. Energi kinetik disebut juga dengan energi gerak. Energi kinetik dipengaruhi oleh massa dan kecepatan suatu benda saat bergerak.

Apa yang dimaksud dengan energi kinetik berikan 2 contoh benda yang memiliki energi kinetik?

Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh suatu karena geraknya. Energi kinetik dimiliki benda yang sedang bergerak atau memiliki massa dan kecepatan, contonya adalah aliran sungai dan angin yang bertiup.

Ada berapakah macam macam energi kinetik sebutkan?

Suatu benda yang bergerak dipastikan memiliki energi kinetik. Energi ini dibedakan menjadi dua yaitu energi kinetik translasi dan rotasi.

Apa satuan SI energi kinetik?

Jika satuan menggunakan sistem SI, maka satuan dari massa adalah kilogram, kecepatan dalam meter per detik, dan satuan energi kinetik dinyatakan dalam joule.

Apakah satuan dari energi kinetik?

Satuan dari energi kinetik adalah Joule. Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri dari energi kinetik adalah: Benda yang bergerak pasti mempunyai energi kinetik.

Apakah contoh dari energi kinetik dan contoh dari energi potensial?

energi potensial : bola yang jatuh dari atas genting, buah yg jatuh dr pohon. karena energi potensial, adalah energi yg dikur dr posisi benda tsb. energi kinetik : mobil yang melaju dijalan, kelereng yg menggelinding. karena energi kinetik adalah energi yg diukur dr kecepatan/gerak benda tsb.

BACA JUGA  Hukum Kekekalan Energi

Apa saja contoh energi potensial?

  • Bola perusak.
  • Ayunan.
  • Pendulum.
  • Bola bergulir menuruni lereng.
  • Liga.
  • Tali Bungee.
  • Trampolin.
  • Per.

Energi kinetik materi kelas berapa?

Perbedaan energi kinetik dan potensial merupakan materi Fisika kelas 7 SMP. Pada kehidupan sehari-hari, kedua energi tersebut sangat dibutuhkan untuk beraktivitas, seperti berolahraga dan lainnya. Bukan hanya itu, benda di sekitar kita yang berpindah karena dipengaruhi sejumlah energi kinetik dan energi potensial.

Faktor apa saja yang mempengaruhi energi kinetik?

Terdapat dua faktor yang mempengaruhi energi kinetik sebuah benda, yaitu massa benda dan kecepatan gerak benda.

Siapa penemu energi kinetik?

“James Prescott Joule”. Nature.

Bagaimana rumus energi kinetik rotasi?

Rumus Energi Kinetik Rotasi

Rumus ? = (v/R) Rumus I = berbeda-beda tergantung benda yang berotasi.

Perubahan energi apa saja yang bisa terjadi pada energi kinetik?

Perubahan energi kinetik menjadi energi bunyi

Dalam hal ini perubahan energi yang terjadi, yaitu energi kinetik diubah menjadi energi bunyi.

Sebuah mobil mempunyai massa 600 kg yang melaju dengan kecepatan 30 m s berapakah energi kinetik pada kecepatan laju mobil tersebut?

Diketahui sebuah mobil mempunyai massa 600 kg, yang melaju dengan kecepatan 30 m/s. Berapakah energi kinetik pada kecepatan laju mobil tersebut? Jadi, energi kinetik yang dihasilkan pada kecepatan mobil tersebut adalah 270.000 Joule.

Sebuah mobil yang massanya 500 kg melaju dengan kecepatan 250 m s berapakah energi kinetik yang dimiliki mobil pada kelajuan tersebut?

? Diketahui: m = 500 kg v = 25 m/s Ditanya: Ek =? Jawab: Energi kinetik adalah energi yang dihasilkan oleh kecepatan gerak benda. Ek = 1/2 x m x v^2 Ek = 1/2 x 500 x (25)^2 Ek = 156.250 J. Jadi, energi kinetik mobil tersebut adalah 156.250 J. Semangat!

BACA JUGA  Rangkuman Materi Koloid: Sifat, Jenis, Contoh

Sebuah benda bermassa 5 kg bergerak dengan kecepatan 10 m s berapakah energi kinetik benda tersebut?

Jawaban. Sebuab benda bermassa 5 kg bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Energi kinetik benda tersebut adalah 250 Joule.

Bagaimana energi kinetik berubah menjadi energi listrik?

Untuk mengubah energi kinetik menjadi energi listrik diperlukan turbin dan generator. Seperti gerakan angin dan air yang memutar turbin akan menghasilkan energi mekanis yang kemudian menggunakan generator diubah menjadi energi listrik.

Contoh energi apa saja?

  • Tenaga Air. Dari sekian banyak sumber energi terbarukan, air telah menjadi salah satu energi yang banyak digunakan untuk menggantikan energi fosil.
  • Biomassa.
  • Tenaga Surya.
  • Panas Bumi.
  • Tenaga Angin.
  • Energi Listrik.
  • Energi Kimia.